Saturday, April 21, 2012

Jejak Pesona Sumatera Selatan

  Peta Provinsi Sumatera Selatan 

Saya sebagai anak perantauan amat sangatlah bangga mengatakan kepada teman-teman saya yang berasal dari daerah lain bahwa saya berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Biasanya sih, mereka langsung nanggepin begini, "Oh, kamu dari Palembang? Wah bisa dong minta mpek-mpeknya?!".. Yak! Pempek yang merupakan makanan khas Palembang yang rasanya lemak nian (read: enak sekali) ini memang sudah sangat terkenal di seantero Indonesia. Tapi apakah hanya pempek saja hal yang menarik yang berasal dari Sumatera Selatan? Tentu saja jawabannya TIDAK.
Banyak hal di Sumatera Selatan ini yang sangat menarik dan sangat memesona, mulai dari kebudayaannya, pariwisatanya, kekayaan alamnya, dan lain-lain. You wanna know?! Then, check this out! :)

  • Keeksotisan panorama alam Sumatera Selatan
1. Gunung Dempo
(a) Gunung Dempo
(b) Kebun Teh di Gunung Dempo

Gunung Dempo ini terletak di kota Pagaralam, gunung ini sangat indah menjulang tegak menggapai langit nan biru kalo dilihat di pagi hari. Terdapat kebun teh juga loh di sekitar kawasan Gunung Dempo ini, ga kalah indah sama perkebunan teh di Puncak, Jawa Barat kan?! Hehe

2. Danau Ranau

Danau Ranau

Danau yang tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi ini terletak di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan. Ternyata di tengah danau ini terdapat pulau bernama Pulau Marisa dan di pulau tersebut terdapat sumber air panasnya. Wow! Menakjubkan ya di tengah-tengah danau yang berhawa sejuk ini terdapat pulau yang memiliki sumber air panas. Selain itu, danau ini juga kaya dengan keanekaragaman hewani, terdapat beberapa jenis ikan seperti mujair, kepor, kepiat, dan harongan sehingga banyak nelayan yang berburu ikan di danau ini. What a beautiful place! Jujur, saya belum pernah ke tempat ini, dan ingin sekali pergi kesana, mungkin suatu saat yaaa, amin, ada yang mau gabung sama saya pergi ke tempat yang indah ini?? ;)

3. Bukit Selero a.k.a Bukit Telunjuk
Bukit Telunjuk

Ya! Orang-orang di kota Lahat, Sumatera Selatan biasa menyebut bukit ini dengan sebutan Bukit Telunjuk!! Kenapa ga bukit jempol atau bukit kelingking ya? Saya juga ga tahu, hehe. Tapi emang bener loh! Bukit ini tuh puncaknya benar-benar menyerupai jari telunjuk kita. Saya yang biasanya melakukan perjalan ke Lubuk Linggau (tempat nenek saya) dan melewati kota Lahat selalu tidak mau melewati momen melihat bukit yang satu ini. Aneh dan unik ya!

n.b: Panorama alam yang indah di Sumatera Selatan ga cuma tiga tempat ini loh, tapi masih banyak lagi tempat yang memesona di Sumatera Selatan.

  • Kalau jalan-jalan ke kota Palembang, enaknya berwisata kemana ya??
Ga usah bingung dan bimbang deh teman-teman! Banyak sekali tempat-tempat menarik yang bisa teman-teman kunjungi di kota Palembang.

Masjid Agung Palembang
Masjid paling besar di kota Palembang yang arsitekturnya dipengaruhi budaya dari tiga negara yaitu, Indonesia, Eropa, dan Cina.

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II
Terdapat 556 koleksi benda bersejarah, mulai dari bekas peninggalan Kerajaan Sriwijaya hingga Kesultanan Palembang. Bentuk bangunan museum ini tidak berubah loh dari awal berdiri!

Sungai Musi
Sungai kebanggaan orang Sumatera Selatan! Merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera.

Benteng Kuto Besak
BKB adalah bangunan keraton yang pada abad XVIII menjadi pusat Kesultanan Palembang. Bangunan bersejarah, guys!
Jembatan Ampera
Ini dia tempat wisata paling iconic di Palembang. Jembatan Ampera! Jembatan Ampera ini memiliki sejarah yang sangat epic kalo saya bilang. Jembatan ini dibangun mulai bulan April 1962 dengan persetujuan Presiden Soekarno. Biaya pembangungan jembatan ini diambil dari dana pampasan perang Jepang. Jembatan ini pun dibangun dengan menggunakan tenaga ahli dari Jepang! Awalnya jembatan ini dinamai Jembatan Bung Karno, untuk menghargai Bung Karno yang benar-benar memperjuangkan keinginan warga Palembang untuk memiliki sebuah jembatan di atas Sungai Musi. Namun, karna adanya pergolakan politik di tahun 1966, nama jembatan pun diubah menjadi Jembatan Ampera (Amanat Penderitaan Rakyat)Hebat sekali bukan sejarahnya?! Dan jembatan ini pun masih kokoh berdiri tegak membelah kota Palembang menjadi Ulu dan Ilir.
Oh iya, saya mau share sesuatu nih!
Ini diaaaaaa.......
Ini adalah replika Jembatan Ampera yang dibuat untuk dijadikan properti pada acara Dies Natalis UKM Kemasss IT Telkom 2012 yang bertajuk "Gaung Sriwidjaja". Ya! Saya dan teman-teman yang berasal dari daerah Sumatera Bagian Selatan yang merantau dan menimba ilmu di IT Telkom, Bandung mengadakan suatu acara yang bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan Sumatera Bagian Selatan. Walupun ga mirip dengan yang aslinya tapi saya sangat bangga ketika tamu-tamu undangan datang dan harus melewati replika Jembatan Ampera ini. Berharap suatu saat mereka benar-benar datang ke Palembang dan menyusuri Jembatan Ampera yang megah.


  • Makanan dan minuman khas Sumatera Selatan!!! Ayo wisata kuliner!
Makanan khas Palembang itu banyak banget! Bukan cuma pempek!

Model

Pempek

Tekwan

Burgo

Es Kacang Merah

Pindang Patin Meranjat

Pempek Lenggang

Mie Celor (my favorite!!!)

Kue basah "Maksuba"

Sebenarnya masih banyak lagi makanan-makanan dan minuman-minuman khas Palembang! Tapi saya ga sanggup ngasi liat semuanya karena saya juga ga sanggup ngeliat foto-foto makanan2 dan minuman2 tersebut, teman-teman! Ingin sekali rasanya pulang dan mencicipi semua makanan enak itu. Emmmmmm...

  • Uniknya pernikahan adat Palembang
Pernikahan menggunakan adat Palembang itu sangat unik loh. Tata cara-nya sih bisa dibilang ribet tapi unik banget! 
Penyelidikan terhadap sang gadis, memagari sang gadis, mengikat sang gadis, musyawarah diantara keluarga besar, menentukan persyaratan dan tata cara pelaksanaan pernikahan, menentukan hari pernikahan dan munggah, serah-serahan, melakukan ritual, menyatukan sepasang kekasih menjadi suami-istri, dan menyimbangkan dan menyerasikan kedua adalah serangkain proses pernikahan adat Palembang. 
Pakaian yang dipakai saat pernikahan? Wah ga perlu ditanya lagi, anggun dan megah banget. Tahu atau pernah lihat prosesi pernikahan anak Presiden kita kan? Ibas dan Aliya!
Pakaian yang dikenakan indah dan megah sekali!

Salah satu prosesi setelah akad nikah, Cacap-Cacapan! :D

Panggung pelaminan yang biasanya didominasi dengan warna merah maroon dan warna emas.

  • Tari-tarian dan musik Sumatera Selatan



Pagelaran tari saat Dies Natalis UKM Kemasss 2012 -"Gaung Sriwidjaja".

Seni tari asal Sumatera Selatan amatlah beragam. Beberapa tari yang cukup populer adalah tari Gending Sriwijaya, tari Bekhusek, dan tari Tanggai.
Tari Gending Sriwijaya
Tari Ya Saman

Lagu-lagu khas Sumatera Selatan yang populer antara lain adalah Cuk Mak Ilang, Dek Sangke, Gending Sriwijaya, Kabile-Bile, dan Pempek Lenjer. Untuk gaya bermusik, orang Sumatera Selatan lebih ke gaya Orkes Melayu dengan dominasi pemain rebana, petikan gambus, pukulan gong, dan alunan serunai.

  • Sea Games 2011, Jakarta-Palembang, 11-22 November 2011
Palembang adalah kota ketiga yang menyelenggarakan Sea Games di luar ibu kota negara, sebelumnya   adalah Chiang Mai dan Nakhon Ratchasima. Palembang dipilih menjadi tuan rumah utama Sea Games XXVI berdasarkan keputusan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yang menganggap Palembang sebagai kota yang paling bersemangat untuk menyelenggarakan Sea Games XXVI dan juga disertai dengan kesiapan fasilitas gelanggang olahraganya.
Pertunjukkan kembang api setelah penyulutan obor menandai dimulainya SEA Games XXVI 
Upacara pembukaan dilaksanakan di Stadion Gelora Srwijaya pada 11-11-11 malam hari. Upacara penutupan juga dilaksanakan di Stadion Gelora Sriwidjaja Palembang. Palembang menyelenggarakan 21 cabang olahraga dari total 44 cabang olahraga.

Berikut ini adalah venue pertandingan yang dilaksanakan di Palembang;



Sumatera Selatan telah menyelenggarakan Sea Games yang berwawasan lingkungan dan bebas rokok.
Sungguh membanggakan!

**********

Sudah terpesonakah Anda dengan pesona Sumatera Selatan? Sudah saya bilang, begitu banyak hal yang sangat menarik dan mempesona dari Sumatera Selatan. Go visit South Sumatera! Exploring it! Trust me, it's awesome.

Dan jika udah tertarik untuk dateng ke Sumatera Selatan atau malah udah melakukan rencana buat mengunjungi Sumatera Selatan by plane, then I wanna show you one awesome thing that South Sumatera has!
Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II


Jadi, jangan ragu lagi untuk mengunjungi Sumatera Selatan, daerah yang memiliki jutaan pesona. Sukses untuk Wong Kito Galo! 

*** Tulisan ini diikutsertakan dalam kompetisi menulis blog dengan tema 'Pesona Sumatera Selatan' yang diadakan oleh Komunitas Blogger Wongkito bekerja sama dengan Trijaya FM Palembang, Musi Institute, dan Dinas Pariwisata Sumsel dalam rangka memperingati hari ulang tahun provinsi Sumatera Selatan yang ke-66.***

No comments:

Post a Comment